Tuesday 9 September 2014

Employer Branding Tweets from Peter Wijaya

Berikut ini adalah rangkuman tweets yang pernah saya post beberapa waktu lalu mengenai Employer Branding:

1.       Kebanyakan calon karyawan saat ini melakukan research terhadap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
2.       Agar dapat menarik minat mereka untuk melamar, berikan informasi memadai di dalam website perusahaan terkait pekerjaan yang akan mereka lakukan dan juga perusahaan yang akan mereka tempati. #EmployerBranding
3.       Bagaimana cara agar orang lain tahu bahwa perusahaan Anda lebih baik daripada perusahaan yang lain? Gunakan Employer Branding. #EmployerBranding
4.       Sebelum membuat Employer Branding, sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat segmentasi.
5.       Karyawan seperti apakah yang perusahaan Anda cari, sehingga Anda bisa menentukan bagaimana strategi yang perlu dilakukan supaya bisa mendapatkan karyawan di segment tersebut. #EmployerBranding
6.       Pastikan anggota yang ada di dalam tim Employer Branding adalah talent terbaik, karena talent terbaik dapat dengan mudah mengenali talent terbaik lainnya. #EmployerBranding
7.       Great workplaces do great things, great things do not come easily. #EmployerBranding
8.       Apabila Anda ditawari pekerjaan yang sama oleh dua perusahaan, A adalah perusahaan lokal, B adalah perusahaan multinasional.
9.       Benefit yang diberikan oleh keduanya sama. Secara rasional, perusahaan apakah yang Anda pilih?
10.   Reputasi perusahaan merupakan hal yang penting tetapi lebih daripada itu, Perusahaan Anda harus memiliki kinerja yang baik agar mendukung reputasi. #EmployerBranding
11.   Salah satu kesulitan perusahaan dalam membuat Employer Branding adalah kinerja perusahaan yang kurang baik. #Employer Branding
12.   Lingkungan kerja atau budaya perusahaan yang bagus, belum tentu sesuai dengan semua orang. #EmployerBranding
13.   Rekrutlah karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda. #EmployerBranding
14.   Karyawan yang merasa puas dengan lingkungan dan suasana kerjanya, cenderung berbicara tentang pengalamannya di perusahaan, dan memiliki kebanggaan bahwa bisa bekerja di tempat tersebut. #EmployerBranding
15.   Tidak hanya dibutuhkan komitmen dari CEO, tetapi juga dukungan dari seluruh karyawan di dalam perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan Employer Brand. #EmployerBranding
16.  HR dan MarComm perlu Kerjasama yang erat, sehingga HR dapat mengerti apa yang dilakukan oleh Marcomm. #Employer Branding
17.  MarComm dapat memberi masukan kepada HR bagaimana komunikasi yang tepat untuk menarik minat Talent. #Employer Branding
18.   Kemampuan dalam mengkomunikasikan Employer Brand merupakan hal yang vital dalam menarik talent yang sesuai dengan budaya perusahaan Anda. #EmployerBranding
19.   Transparan dan autentik, itulah hal yang diperlukan ketika mengkomunikasikan Employer Branding. #EmployerBranding
20.   Informasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pelamar haruslah jujur dan benar adanya sesuai dengan yang terjadi di perusahaan. #EmployerBranding
21.   Untuk membantu perusahaan Anda dalam mempromosikan Employer Brand, dapat menggunakan beberapa tools seperti YouTube Channel, Career Website, Instagram, dll.
22.   Kecenderungannya adalah orang lebih senang melihat sesuatu yang menarik, dibandingkan membaca #EmployerBranding
23.   Jika di Social Media, perusahaan Anda terus-menerus mendapatkan berita negative atau membicarakan keburukan perusahaan,
24.   beberapa kandidat mungkin akan memilih untuk tidak mengikuti proses interview.
25.   Itulah mengapa penting untuk memonitor apa yang orang bicarakan mengenai perusahaan Anda. #EmployerBranding
26.   Informasi yang didengar ataupun dibaca oleh pelamar tentang perusahaan Anda akan meninggalkan kesan seperti apa rasanya bekerja di perusahaan Anda. #EmployerBranding
27.   Salah satu kesuksesan Employer Branding adalah keinginan dari karyawan untuk memberikan rekomendasi kepada karyawan di luar perusahaan terkait perusahaan Anda. #EmployerBranding
28.   Employer Branding bukan sekadar meningkatkan jumlah pelamar yang masuk ke dalam perusahaan Anda, ini berkaitan dengan menarik talent terbaik yang percaya dengan nilai-nilai yang perusahaan Anda anut. #EmployerBranding
29. 
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa SDM merupakan aset perusahaan yan dapat memberikan competitive advantages bagi perusahaan. Karena tidak banyak talent yang tersedia saat ini di pasaran, penting bagi perusahaan untuk menggunakan Employer Branding sebagai solusi. #EmployerBranding
30.  Jika pesan yang diberikan oleh perusahaan melalui employer branding tidak sesuai dengan yang diterima oleh karyawan, ada resiko karyawan akan menjadi tidak puas, dimana hal tersebut dapat meningkatkan turnover, dan employer brand menjadi negatif. #EmployerBranding
31.   
Semoga tweet yang singkat ini dapat memberi gambaran sedikit mengenai apa itu Employer Branding. #EmployerBranding




No comments: