Tuesday 30 April 2013

Training Handling Customer Complain 30 April 2013

“Keluhan merupakan kesempatan membuat pelanggan kagum akan kualitas pelayanan anda”

Selasa, 30 April 2013 di Biznet diadakan training mengenai "Handling Customer Complain", materi dibawakan oleh Ibu Lenny Moniaga (VP Operation Biznet Networks) dan dimoderatori oleh Peter Wijaya (Human Capital Training Biznet Networks)




Komplain atau yang juga sering disebut keluhan, dapat muncul ketika seseorang mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Komplain adalah sesuatu yang bersifat negatif, tetapi perusahaan yang bagus adalah perusahaan yang mampu mengubah komplain yang negatif ini menjadi masukan yang positif demi kemajuan perusahaan.

Peter Wijaya
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institute of Customer Service (ICS) pada Tahun 2013 dikemukakan bahwa penyebab ketidakpuasan pelanggan disebabkan oleh 34% produk, 62% disebabkan pelayanan. Hal ini memberikan gambar bahwa pelayanan dari karyawan terhadap pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam membuat pelanggan menjadi tidak puas.


Peter Wijaya
Lenny Moniaga & Peter Wijaya
Oleh sebab itu perusahaan harus benar-benar menjaga kualitas dari karyawannya, karena merekalah yang berhubungan langsung dengan para pelanggan. Apabila karyawan tidak memiliki kemampuan yang tepat dalam menghandle komplain dari pelanggan maka perusahaanlah yang akan menjadi rugi, karena ada kemungkinan perusahaan akan kehilangan pelanggan. Tanamkan kepada setiap karyawan bahwa kita bisa ada karena adanya kontribusi dari pelanggan.

"It is not the employer who pays the wages. Employers only handle the money. It is the customer who pays the wages."








No comments: